BEROK HOT KANGKUNG

Oktober 30, 2017

BEROK HOT KANGKUNG

Pelecing Hot Kangkung

Pelecing kangkung merupakan masakan khas daerah Nusa Tenggara Barat. Jika anda berkunjung ke Pulau Lombok, makanan ini sangatlah terkenal. Namun untuk menikmati seporsi plecing kangkung anda tak perlu jauh-jauh ke pergi ke Lombok, karena di baca hotbadokinfo.blogspot.co.id kami menyajikan resep plecing kangkung bagi anda.

Ciri khas masakan ini terletak pada bumbu plecingnya yang berbeda dengan bumbu siram untuk sayuran pada umumnya. Jika di Pulau Jawa atau Sumatra sayuran rebus biasanya disajikan dengan bumbu siram kacang, maka untuk plecing kangkung bumbu khasnya terbuat dari campuran terasi, cabai rawit, jeruk limau, bawang putih, kemiri dan lain-lain. Yang pasti rasanya jauh lebih pedas dibandingkan bumbu pecel sejenis.

Plecing kangkung di Lombok menggunakan kangkung khusus yang tetap hijau meski direbus hingga matang. Kangkung jenis tersebut sangat sulit ditemukan di pulau lainnya. Namun dengan teknik memasak khusus, kangkung biasa pun dapat dibuat tetap hijau meski sudah direbus.
Bahan-bahan
Bahan:
2 ikat kangkung, potong-potong, rebus
75 g tauge, seduh dengan air panas
1 bh jeruk limau
1 sdt garam

Bumbu halus :
5 bh cabai merah besar
3 bh cabai rawit
2 sdm terasi, bakar
3 biji tomat

Cara membuat
Haluskan cabai rawit, garam, terasi dan tomat
Rebus kangkung hingga layu, angkat, siram dengan air dingin, dan tiriskan. Seduh tauge, siram dengan air dingin, tiriskan. Sisihkan.
Campur bumbu halus dengan air jeruk, sisihkan.
Siramkan bumbu ke atas kangkung dan tauge. Sajikan.
Sangat praktis bukan mempersiapkan resep plecing kangkung untuk menu makan siang siang, selain hot alias pedesnya menggelitik di mulut dan maknyuuussss Kami yakin anda akan berhasil mencoba resep ini. Selamat mencoba, dan jangan lupa untuk tetap berkunjung dan baca resep-resep praktis lainnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar